Senin, 08 Mei 2017

PULUHAN PESERTA IKUTI LOMBA PURWADAKSI ART FESTIVAL


LOMBA: Siswa sekolah dasar tengah mengikuti lomba Kaulinan Barudak


KOTA- Tidak hanya menampilkan kreasi seni dari pelaku seni senior. Purwadaksi Art Festival 2017 menggelar lomba yang diikuti oleh kalangan pelajar. Cabang omba yang dihelat diantaranya Pop Sunda, Musik Ethnic, Kaulinan Barudak, dan Tari. Pada perlombaan ini antusias para peserta cukup membeludak. Peserta ada yang berasal dari dalam kota, dan kabupaten/kota lainnya.

Total peserta dari perlombaan ialah Pop Sunda dengan 10 peserta, Musik Ethnic 6 peserta, Kaulinan Barudak 14 kelompok, dan Tari kurang lebih dari 14-15 kelompok. Perlombaan dalam ajang Purwadaksi Art Festival 2017 ini mendapat dukungan penuh dari sekolah tinggi dan Yayasan.

“Awalnya berat karena mereka ragu memberikan tanggung jawab kepada kami karena acara pertama kami melihat prospek dari kepanitiaannya, dan Alhamdulillah mereka mendukung semoga menjadi program tahunan didukung dengan program-program selanjutnya.” Ujar Fiti.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kreativitas dari pamuda siswa-siswi yang ada di Sumedang. Selain itu juga untuk melestarikan kesenian yang hampir punah. Persiapan panitia telah dilakukan dari jauh-jauh hari, kurang lebih 3-4 bulan yang lalu.


“Harapan lebih banyak lagi pesertanya khususnya dari mahasiswa atau siswa-siswi khususnya di daerah Sumedang agar mencintai budaya sendiri, agar lebih tahu kesenian yang ada di Sumedang, untuk mengenalkan kebudayaan seni kepada mereka yan belum tahu.” kata Fitri.

Sementara itu, Ece Sukmana, M.Pd., mengatakan bahwa potensi peserta tentang kesenian sangat tinggi dan perlu pengembangan lebih lanjut. "Harus dikembangkan lagi, mereka adalah generasi penerus bagi budaya dan tradisi kita," tegas Ece Sumana. (IND/GPS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar